postingan pertamax...review kursus mobil part 3


hi frenz,
postingan kali ini ditujukan buat frenz yang belum menguasai keahlian menyetir mobil dan sedang berusaha 'get to know' the area :) semoga review ini bisa menambah referensi yaaak..dan tau tau udah langsung part 3 aja ya hehehe, yah alesannya karena pada kursus hari ke satu dan kedua saya belum membuat blog ini :)

oia frenz, sebelumnya saya baru menguasai motor (matic) lima bulan yang lalu dan kepikiran untuk belajar stir karena ternyata bisa pegang kendaraan sendiri tu menyenangkan terutama buat orang yang suka mbolang macem saya :D

baiklah..mari kita mulai me review..
di hari ketiga ini saya mencoba honda brio, dimana sebelumnya saya menggunakan toyota avanza. Ketika awal buka mobil, saya coba dulu kopling dan gas serta rem sebelum menyalakan mesin agar kaki saya bisa 'kenalan' dulu dengan trio kwek kwek tersebut (kopling,rem, gas), fungsinya agar saya bisa mengira ngira kekuatan untuk menekan dan melepas kopling dan gas. setelah itu injek kopling full, gigi 1 masuk, nyalakan mesin, lepas kopling pelan-pelan baru setelah stir lurus gas pelan pelan, ini saya lakukan karena saya masih belum familiar dengan stir dan belum bisa mengira ngira bodi mobil dengan jalan. yaa kedengarannya konyol sih tapi itu yang terjadi dan waktu pake avanza dengan bodi yang lebih besar daripada brio, beberapa kali instruktur mengingatkan saya untuk memperbaiki posisi mobil yang cenderung berjalan ke kiri. Bisa jadi karena sebelumnya saya kan termasuk kaum kiri (motoris) jadi secara gak sadar ngiri terus, padahal jalur mobil kan di kanan biar ada space buat motor lewat..

tantangan bagi saya muncul ketika belokan tajam, perempatan dan lampu merah. belokan tajam mengharuskan kita menguasai stir yang diputar ampe pol dan dikembalikan seperti semula dengan cepat, lalu di perempatan yang ramai dan lampu merah kita harus bermain kopling untuk berhenti sejenak plus rem dan ganti gigi, yang kadang kalau panik, lupa injek kopling pas ganti gigi daaan..walhasil mesin mati. teorinya sih..kita injak kopling disesuaikan dengan area dimana kita akan berhenti, lalu rem perlahan sesuaikan gigi (netral atau gigi satu),kalau sekiranya lama dan supaya kaki tidak capek,maka posisikan gigi di netral. sekiranya sudah waktunya menjalankan mobil, kita bersiap dengan memasukkan gigi satu (jika sebelumnya netral dan tentunya kaki masih menginjak kopling ya frenz..) lepas kopling pelan pelan dan tekan gas jika memungkinkan kaau tidak, lepas kopling pelan saja mobil sudah bergerak maju perlahan.

kendala selanjutnya..adalah parkir.. hehehehe bagi pemula yang belum akrab banget ma stir, parkir bisa menjadi masalah..pada latihan kedua saya berhasil memparkirkan sendiri avanza dengan bantuan aba aba dari instruktur, sementara pada pertemuan ketiga, karena panik dan tidak siap, mobil parkir dengan posisi yang seenaknya (miring) hehehe dan instruktur pun membiarkan karena memang sudah selesai jam belajarnya #sigh

anyway,besok adalah jam terakhir pelajaran menyetir saya. materi yan diajarkan katanya akan ditambahkan "mundur". semoga progress nya berjalan maju yaa frenz..:D wish me luck..# usaha ibu untuk menyenangkan anaknya agar bisa membawa jalan jalan anak tanpa takut hujan :p








Komentar