Pengalaman menghadapi batita yang menangis karena jengkel terhadap sesuatu

Ealah judulnya panjang bener ya frenz..hehe anyway, kembali ke tema yang mo dibicarakan, yakni cara menghadapi batita yang lagi jengkel.

Acapkali kita ikut jengkel ketika menghadapi bayi yang lagi bad mood atau jengkel dan kemudian menangis atau tantrum. Tapi sebelum frenz memilih 'menyerah' pada bisikan syetan untuk ikutan marah, maka coba frenz tekan tombol pause dulu. Tombol pause cara aktifinnya gimana tuh? Insyaallah gampang..coba disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang kita anut. Kalo di islam kita bisa istighfar..setelah itu coba frenz bayangkan tega gak kita marahin mahluk tuhan yang baru belajar mengenal dan mempraktekkan emosi yang mereka tahu, dan ingat lhoo frenz..kalau pengetahuan mereka masih terbatas dan tugas kitalah sebagai mahluk tuhan yang lebih senior berada di bumi untuk mengenalkan emosi macam apa saja sih yang ada dalam manusia dan bagaimana cara tepat untuk menerapkannya..

Seperti ketika my baby tama nangis kenceng waktu saya ngeflush pupnya sementara dia juga ingin coba tapi airnya ngga keluar ( soalnya di rumah yang kutinggali belum ada tandon airnya). Nangiiis lama bener ampe gak mau dicebokin. Pada saat itu saya udah mulai esmosi jiwa syukurlah the good side of me lebih kenceng mbisikin untuk lebih bersabar, tekan tombol pause dan liat situasi.

Yak betul sekali frenz..saya ngeliat ko kurang asik ya ketika bayi menangis dan kita pun ikut berteriak..saya merasa pesan yang akan kita sampaikan susah masuk ke baby karena dia masih sibuk dengan emosinya. So..saya tunggu sampai dia puas menangis (it's takes a while) sambil terkadang perhatiannya dialihkan ke hal lain namun waktu itu cara ini gak berhasil 100% hehehe. Ketika mereda saya bersihkan pantanya dan tanya maunya apa, ternyata ingin duduk di toilet seatnya..beklah saya turuti..and he cries again..#sigh
saya mencoba menenangkan diri dengan mengambil minum, dan ketika saya lewat lagi dia minta digendong sambil masih menangis. Saya gendong dan mengalihkan perhatiannya dengan lagu di tv, it works frenz # joged hepi but only done in my mind hehe
setelah baby benar benar tenang baru saya 'mendoktrinnya' hehe dengan menanyakan penyebab dia menangis (beware frenz kadang jawabannya gak nyambung tapi gpp namanya latihan mengkomunikasikan yang dia rasakan) lalu saya beritahu kalau lagi pup kemudian air untuk flushing ngga ada gak usah marah, gpp ko wajar kadang ada airnya kadang gak ada, yang penting kan bisa di flush pakai ember dll. And he said yes frenz  #alhmd berhasil..

Mungkin pengalaman saya tidak bisa cocok diterapkan di beberapa bayi namun penerapan kesabaran dalam menghadapi bayi pasti  bisa diterapkan dong frenz :)


Komentar